Selasa, 19 Juli 2011

Cara menyiasati keringat berlebih

Keringat atau habis mandi? Ungkapan ini banyak dilontarkan orang ketika melihat Anda dalam kondisi sangat basah seusai beraktivitas. Bukan berarti mereka tahu Anda baru selesai mandi, melainkan karena memerhatikan betapa banyak keringat yang keluar dari tubuh Anda. Keringat berlebihan, atau istilah dokternya adalah hiperhidrosis, mungkin bukanlah suatu penyakit yang berbahaya. Tapi, dampaknya cukup mengganggu Anda dalam pergaulan.

Menurut Dr Dee Anna Glaser, profesor dermatologi dari Saint Louis University School of Medicine, berkeringat sebenarnya adalah reaksi yang dikeluarkan oleh tubuh untuk membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin. "Namun, jika bagian tubuh Anda mudah berkeringat saat sedang duduk menonton televisi di ruangan yang sejuk, sementara orang lain tidak, ini bukanlah jenis berkeringat yang sehat," kata Glaser lagi.
Keringat berlebihan dapat dipengaruhi oleh penyakit atau gangguan tertentu, seperti diabetes atau hot flashes di masa pre-menopause. "Keringat berlebihan yang terjadi akibat kondisi ini biasanya terjadi di seluruh tubuh. Sementara, hiperhidrosis tidak seperti itu dan tidak berhubungan dengan penyakit atau kondisi tertentu. Terjadinya hanya di beberapa area tertentu, seperti ketiak, telapak tangan, atau wajah. Ada juga yang mengalaminya di kulit kepala, telapak kaki, atau di pangkal paha dan area payudara," kata Glaser menjelaskan.

Jika Anda termasuk orang yang mengalami hiperhidrosis, Anda akan berkeringat sekitar 4-5 kali lebih banyak daripada orang dengan kondisi normal. Glaser mengingatkan bahwa sebenarnya ada solusi untuk gangguan ini. "Perawatannya biasanya dengan pemberian antiperspiran yang bisa dibeli di apotik ritel ataupun berdasarkan resep. Selain itu, injeksi Botoks juga dapat efektif mengatasinya," papar Glaser. Untuk penanganan sehari-hari, Anda juga bisa melakukan hal berikut:

* Gunakan alas sepatu tambahan yang dapat menyerap keringat, jika Anda mengalami hiperhidrosis di area telapak kaki.
* Gunakan antiperspiran di area tangan dan kaki, jika Anda cenderung banyak berkeringat di area tersebut
* Pakailan antiperspiran sebelum tidur, sehingga bahan aktifnya akan menyerap hingga pori-pori dan menghindarkan Anda dari keringat berlebih kala bangun di pagi hari.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar